Kamis, 24 Juni 2010

WAWANCARA

TOPIK WAWANCARA     :    CERITA SEORANG NELAYAN

TUJUAN WAWANCARA  :    INGIN MENGETAHUI AKTVITAS SEORANG NELAYAN

PEWAWANCARA              :    -      NURHDANI

-          SISI LIANTI

NARASUMBER                  :     Abd. Rahim

 

PEWAWANCARA              : Apa aktivitas bapak sehari-hari?

NARASUMBER                  : Saya seorang nelayan, dan setiap hari saya pergi memancing ikan di laut.

PEWAWANCARA              : Setiap hari pukul berapa bapak pergi ke laut?

NARASUMBER                  : Setiap hari saya pergi ke laut pukul 05.00.

PEWAWANCARA              : Apakah bapak mempunyai aktivitas lain selain nelayan?

NARASUMBER                  : Tidak, karena keahlian saya hanya memancing ikan di laut atau sebaga                        nelayan.

PEWAWANCARA              : Berapa penghasilan bapak setiap harinya?

NARASUMBER                  : Setiap hari biasanya saya mendapat penghasilan kurang lebih Rp. 40.000,-.

PEWAWANCARA              : Apakah penghasilan bapak mencukupi kebutuhan sehari-hari?

NARASUMBER                  : sebenarnya itu masih kurang, walau begitu saya tetap bersyukur karena saya masih mampu memenuhi kebutuhan istri dan anak saya

PEWAWANCARA                : selama bapak bekerja sebagai nelayan, masalah-masalah apa yang bapak hadapi

NARASUMBER                    : ia biasanya pada saat saya sedang memancing kan tiba-tiba tali pancingan saya putus, dan selain itu biasanya juga ombak besar sehingga itu dapat membuat saya kesulitan menankap ikan

PEWAWANCARA                : Bagaimana tindakan bapak untuk menghadapi masalah itu ?

NARASUMBER                    :Biasanya saya menyambung kembeli tali pancingan saya agar saya bisa melanjutkan aktivitas saya di laut.

 

Paragraf

Pekerja nelayan

Abd. Rahim adalah seorang pekerja nelayan. Setiapa hari dia pergi kelaut memancing ikan. Memancing ikan adalah satu – satunya sumber mata pencaharian pak rahim karena dia tidak mempunyai lahan pertanian untuk bertani. Setiap hari pak beraktivitas di laut mulai dari pukul 05.00 sampai 11.30. dan penghasilan pak rahim setiap harinya yaitu sekita kuranglebih Rp 40.000. sebenarnya bagi pak rahim penghasilannya masih kurang tetapi pak rahim bersyukur karena dia masih mampu memenuhi kebutuhan keluarganya.

Selama pak rahim bekerja sebagai nelayan dia pernah menghadapi beberapa masalah yaitu biasanya pada saat dia memancing tiba – tiba tali pancingan dia putus dan biasanya ombak juga besar. Nah…. Untuk menghadapi masalah itu Pak Rahim menyambung kembali tali pancingannya sehingga Pak Rahim dapat menangkap ikan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar